Monday, August 8, 2016

Kajian SUlamul_Munajah di Kampus

Posted by Abie Aufa on 7:22:00 AM in , , | No comments




       Sebagai sebuah universitas, UMNU Kebumen juga memiliki organisasi BEM yang membawahi beberapa departemen. Salah satu departemen BEM yang dikelola oleh mahasiswa jurusan Teknik Informatika adalah Departemen Keagamaan. Departemen keagamaan BEM UMNU memiliki beberapa program kerja yang dijalankan sesuai dengan jadwal agenda kerja. Program tersebut meliputi program mingguan, program bulanan dan tahunan.
       Program mingguan yang dijalankan diantaranya adalah program kajian ilmu Agama Islam. Sebagai universitas yang berada di bawah organisasi NU, UMNU juga mengikuti paham Aswaja yang dianut oleh NU. Metode kajian NU cenderung menggunakan rujukan kitab kuning. Kajian yang diadakan oleh Departemen keagamaan UMNU juga membuka pembelajaran kitab kuning. Rujukan yang digunakan adalah kitab Sulamul Munajah.





       Kitab Sulamul Munajah adalah salah satu kitab karya Ulama Indonesia, alMaghfurlah Syekh Muhammad Nawawi bin Umar yang berasal dari Banten, mukim di Mekah, wafat dan dimakamkan di Mekah di area pekuburan Ma'la yang di area tersebut juga terdapat makam salah satu istri Nabi Muhammad SAW, Sayyidah Khodijah. Kitab Sulamul Munajah merupakan sebuah karya yang menjelaskan kitab lain yang bernama Safinatush_sholah karya Syekh 'Abdullah bin 'Umar bin Yahya Al Hadhromi. Kitab ini menjelaskan beberapa materi peribadahan khususnya tentang sholat dan hal-hal yang berkaitan erat dengannya, seperti tentang bersuci, tentang kiblat, dan beberapa materi Tauhid.

       Dalam pelaksanaan program kajian kitab tersebut di kampus UMNU, digunakan metode pembelajaran dengan penulisan dan pembacaan materi, yang dilanjutkan dengan diskusi. Materi dituliskan terlebih dahulu sebagai pelatihan menulis lafadzh dan makna kitab bagi anggota seperti dalam kegiatan mengaji di pondok pesantren. Pembacaan materi dilakukan seperti metode sorogan yang juga 'ala pesantren. Selesai pembacaan dan penjelasan kemudian dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab sesuai materi yang dikaji. Kegiatan tersebut dilaksanakan setiap hari kamis sore pukul 15.30 sampai 16.30 WIB.

       Beberapa program kerja lainnya berupa kegiatan peringatan hari besar Islam seperti Maulid, Isra Mi'raj, kegiatan bulan Ramadhan dan sebagainya. Beberapa kegiatan mingguan yang lain masih sedang pada tahap penggodokan untuk mendapatkan perizinan dari pihak rektorat. Selain kegiatan kajian dalam pertemuan, Departemen Keagamaan juga membuka kajian online kiatb Kasyifatus Sajaa dengan menggunakan media sosial aplikasi WhatsApp. Semoga tahun akademik 2016/2017 ini akan lebih banyak lagi kegiatan departemen keagamaan agar dapat memberi manfaat lebih bagi mahasiswa UMNU dalam bidang keilmuan Agama Islam.

COME JOIN US...


0 comments:

Post a Comment